Selasa, 27 Maret 2012

Contoh Sebuah Bisnis Online


Contoh Bisnis Online untuk Mahasiswa

Mahasiswa berbisnis, mengapa tidak?
Mulailah bisnis online Anda, jangan tergantung pada orang tua, dan buka lapangan kerja.


Tibalah seorang mahasiswa pada hari kelulusannya. Setelah selesai mengikuti acara wisuda, sang ibu meminta anaknya yang sedang menggunakan toga agar berpose bersama ayahnya. 
“Mari kita buat agar foto ini terlihat alami”, kata ibunya. “Anakku, taruhlah tanganmu di bahu ayahmu.” 
Si ayah pun menyahut, “Jika kamu ingin membuat foto ini terlihat alami, mengapa tidak memintanya memasukkan tangannya ke dalam saku celanaku?”
mahasiswa pada umumnya dihadapkan pada berbagai situasi yang sering kali mendatangkan masalah keuangan bagi mereka, yaitu:

- Biaya hidup sehari-hari atau biaya rutin yang tinggi seperti biaya makan, kos, transportasi, pulsa handphone;
- Biaya tidak terduga seperti biaya obat, memperbaiki komputer rusak;
- Biaya kuliah seperti uang kuliah dan buku kuliah;
- dan lain-lain.

Pada umumnya, mahasiswa yang baru tamat sekolah tidak bekerja sambil kuliah. Kebanyakan dari mereka kuliah dengan mengandalkan uang pemberian orang tua mereka saja, termasuk saya dulu. Untung kalau orang tua mereka memiliki banyak uang. Faktanya di Indonesia masih banyak keluarga yang harus berjuang keras untuk mengirim putra-putrinya ke bangku kuliah ditambah lagi biaya kuliah yang setiap tahun meningkat lebih tinggi daripada inflasi  Setelah lulus pun, kebanyakan mahasiswa lebih memikirkan mencari kerja daripada membuka usaha sendiri.

Setelah mendapat pekerjaan dan menjadi karyawan di suatu perusahaan, banyak yang suka mengeluh gajinya kurang, namun tidak berusaha mencari cara lain untuk meningkatkan pendapatan mereka. Tidak sedikit yang lebih memilih bertahan dengan gaji mereka saat ini daripada mencoba berwiraswasta karena perasaan takut gagal dan kehilangan pekerjaan serta berbagai alasan lainnya.

Masalah keuangan mulai timbul ketika PEMASUKAN <= PENGELUARAN. Pengeluaran memang pasti bertambah terus, oleh karena itu alangkah baiknya kalau setiap mahasiswa bisa memiliki penghasilan sendiri untuk meringankan beban orang tua yang membiayai kuliahnya.
Memiliki penghasilan sendiri bisa dilakukan dengan cara berbisnis dan atau berinvestasi. Di sini saya tidak membahas investasi yang cocok untuk mahasiswa. Kalau Anda seorang mahasiswa yang lebih tertarik belajar investasi, coba Anda mulai dengan membaca biografi Warren Buffett.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar